Senin, 22 September 2008

Manfaat Puasa Ketika Tubuh Memperoleh Berkah

Berpuasa di bulan Ramadhan ternyata banyak membawa pengaruh positif bagi kesehatan. Bahkan, puasa banyak disarankan para dokter untuk penderita encok, penyakit jantung, penyakit kulit, serta menambah nafsu makan. Dalam buku Bugar & Fit di bulan Ramadhan menyebutkan beberapa manfaat puasa bagi kesehatan :

1.) Manfaat Bagi Otak
Puasa dapat mempertajam pikiran serta membuat otak lebih siaga dan sensitif. Ternyata manusia jauh lebih siap berkonsentrasi jika perut dalam keadaan kosong. Karena tubuh tidak perlu menarik darah dan otak untuk mencerna makanan.
2.) Mengatasi Kesulitan Pencernaan
Ternyata puasa juga membantu memperbaiki proses kerja organ-organ pencernaan. Sebab perut, lever, kelenjar pankreas, dan usus sering bekerja tanpa henti. Maka ketika berpuasa sistem pencernaan manusia “diliburkan” maka ketika makan pada saat berbuka terasa menjadi lebih nikmat.
3.) Bisa Menghentikan Kebiasaan Merokok dan Minuman Keras
Berpuasa ternyata membawa berkah bagi yang sedang berusaha untuk berhenti dari kecanduan merokok dan minuman keras. Karena tubuh bagian dalam manusia ‘tercuci bersih’, sehingga seorang perokok dan peminum alkohol merasa begitu bergairah dan waspada. Sehingga ia tidak memiliki keinginan untuk kembali kepada kebiasaan buruknya.
4.) Membantu dalam Perbaikan Program Diet
Progam diet ternyata juga terbantu dengan ketika seseorang melakukan puasa. Hal itu dilakukan dengan jalan berhenti makan daging, kuah yang sangat banyak bumbunya, kue yang banyak lemaknya dan selai yang sangat manis.

Tidak ada komentar: